Prof.Dr. I Wayan Santyasa, M.Si. Teknologi Pendidikan (S3)PNS - Aktif

Deskripsi Singkat

Saya lahir di Dusun Sedehing Desa Sekartaji Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung merupakan anak bungsu (ke-5) dari pasangan suami istri Mangku I Made Merta (almarhum) dan Ni Wayan Pahing (almarhum). Saya menikah dengan Ni Putu Kodiani (Guru SMAN 1 Singaraja). Istri saya merupakan anak sulung dari pasangan suami istri I Made Sinten (almarhum) dan Ni Nyoman Rasta dari Desa Munggu Mengwi Badung. Pernikahan saya dengan Ni Putu Kodiani telah direstui Tuhan seorang putra Gede Saindra Santyadiputra (PNS Dosen) dan dua orang putri, Kadek Martadian Santyafatni (mahasiswa S2 Ilmu Psikologi UGM) dan Komang Triyunita Santyadewi (Mahasiswa S1 Pendidikan Dokter Universitas Hang Tuah Surabaya). Saya diangkat oleh Pemerintah RI sebagai Dosen Jurusan Pendidikan Fisika FKIP Unud, 1 Februari 1987. Dalam mengawali karir sebagai Dosen, saya dengan tekun menjalankan kewajiban saya sebagai Asisten Dosen pada Mata Kuliah Fisika Dasar, Fisika Matematik, dan Mekanika Klasik. Di samping sebagai Asisten Dosen, saya juga tekun belajar penelitian. Pada awal Th 1989 saya mengikuti Lomba Penelitian antar Dosen Golongan III, saya berhasil memperoleh Juara III. Pada awal Th 1990 saya juga ikut lomba penelitian antar Dosen Golongan III, saya berhasil memperoleh Juara I. Pada Th 1990 saya memperoleh beasiswa dari Pemerintah RI untuk mengikuti Program Pra S2 di UGM pada disiplin ilmu Fisika. Beasiswa tersebut berlanjut diberikan oleh Pemerintah RI kepada saya setelah dinyatakan berhak mengikuti Program S2 Ilmu Fisika di PPS UGM pada Th 1991 dan lulus sebagai Magister Sains (M.Si) pada 19 Januari 1994. Setelah selesai S2 dan bertugas kembali di Jurusan Pendidikan Fisika, selain melaksanakan Pendidikan, Pengajaran, dan P2M, saya terus mengasah kemampuan saya dalam penelitian pendidikan dan setiap tahun memperoleh hibah penelitian dari Pemerintah RI. Pada Th 1997-1998 saya memperoleh hibah penelitian cukup bergengsi dari Pemerintah RI pada skim Research on Improvement in Instruction (RII), dengan Judul: "Penerapan model dengan metode demonstrasi dan analogi untuk mengubah miskonsepsi mahasiswa dalam perkuliahan fisika dasar". Pada Th 2000, saya memperoleh hibah penelitian juga cukup bergengsi dari Pemerintah RI pada skim Domestic Collaborative Research Grant (DCRG), dengan Judul: "Pengembangan model pembelajaran kooperatif bermodul untuk mahasiswa di LPTK". Dalam penelitian ini saya mengembangkan Lembaran Kerja Mahasiswa (LKM) sebagai perangkat pembelajaran. Sebagai produk penelitian ini, saya berhasil memenangkan hibah Buku Ajar dengan Judul: "Fisika Dasar Mekanika dilengkapi dengan LKM", buku itu terbit Th 2001 yang digunakan oleh LPTK se Indonesia. Pada bulan Agustus 2001 saya memperoleh besasiswa dari Pemerintah RI untuk mengikuti Program Doktor pada PPS Universitas Negeri Malang (UM) pada disiplin ilmu Teknologi Pembelajaran, dan saya lulus Doktor dengan predikat Pujian pada bulan Mei 2004. Selama S3 di UM saya sering menjadi pemakalah seminar nasional di berbagai kota di Indonesia. Di samping itu, juga rajin membuat artikel-atikel ilmiah untuk Jurnal Nasional. Pada Tgl 1 Juli 2005 saya memperoleh Jabatan Akademik Profesor oleh Pemerintan RI. Pada Th 2005-2006 saya juga memperoleh hibah penelitian cukup bergengsi dari Pemerintah RI melalui Menristek dengan Judul: "Pengembangan teks fisika bermuatan perubahan konseptual dan komunitas belajar untuk siswa SMA". Di akhir hibah penelitian ini, saya memperoleh penghargaan sebagai "Peneliti Utama" dari Menristek RI. Sejak Th 2004 sampai sekarang saya sering diberikan kesempatan oleh berbagai instansi pendidikan sebagai nara sumber dalam berbagai kegiatan pendidikan di Bali dan di luar Bali. Sebagai PNS Profesor, saya telah mencapai Pangkat Pembina Utama Golongan IV/E sejak 1 April 2012. Skim-skim penelitian yang pernah diperoleh dari Kemenristekdikti adalah Penelitian Fundamental, HB, Stranas, Hibah Kompetensi, dan Hibah Pascasarjana.

I Wayan Santyasa
Pendidikan
Doktor
Teknologi Pembelaharan Universitas Negeri Malang - Indonesia
Magister
Fisika Universitas Gajah Mada - Indonesia
Sarjana
Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana - Indonesia
Mata kuliah yang diampu
(1) Metodologi Penelitian, (2) Pembelajaran Inovatif, (3) Studi Mandiri TP, (4) Pengantar Fisika Kuantum, (5) Matriks dan Ruang Vektor, (6) Seminar Fisika, (7) Pendidikan Agama Hindu
Email Dosen
#santyasa@undiksha.ac.id
Status Sertifikasi
SUDAH SERTIFIKASI

PENELITIAN DAN PENGABDIAN Informasi mengenai data penelitian dan pengabdian dosen Universitas Pendidikan Ganesha.

PENELITIAN

JURNAL ILMIAH

Santyasa, I Wayan. 2023. "Training Evaluation for Nurses and Midwives Using the Kirkpatrick Model: A Qualitative Descriptive Study". The International Journal Of Health Sciences. ScienceScholar. Vol.7,

Marsiti, Cokorda Istri Raka, dkk. 2023. "The Effect of Project-Based Blended Learning and Students’ Creativity on \r\nEleventh-Grade Students’ Learning Achievement". International Journal Of Instructional. International journal of instructional. Vol.16,

Marsiti, Cokorda Istri Raka, dkk. 2023. "PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PADA ELEMEN \r\nPENGOLAHAN MAKANAN DAN MINUMAN SUB ELEMEN \r\nHIDANGAM SOUP". Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan. Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.20,

Santyasa, I Wayan, dkk. 2022. "Cognitive Engagement and Creative Thinking: Intervention with Research-Based e-Learning and Students\' Social Attitudes in Learning Physics at Public High School". Indonesian Review Of Physics (IRiP). Universitas Ahmad Dahlan. Vol.5,

Marsiti, Cokorda Istri Raka, dkk. 2022. "Multimedia for Culinary Students: Food and Beverage Processing \r\nSubject". Journal Of Education Technology. Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.6,

Agustini, Ketut, dkk. 2022. "Quantum Flipped Learning and Students’ Cognitive Engagement in Achieving Their Critical and Creative Thinking in Learning". International Journal: Emerging Technologies In Learning. International Association of Online Engineering (IAOE)-CC-BY. Vol.17,

Tegeh, I Made, dkk. 2022. "GROUP INVESTIGATION FLIPPED LEARNING IN ACHIEVING STUDENTS\' CRITICAL AND CREATIVE THINKING VIEWED FROM THEIR COGNITIVE ENGAGEMENT IN LEARNING PHYSICS". Journal Of Education Technology. Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.6,

Santyasa, I Wayan dan Ketut Agustini. 2021. "Project Based E-Learning and Academic Procrastination of Students in\r\nLearning Chemistry". International Journal Of Instruction. Gate Association for Teaching and Education. Vol.14,

Warpala, I Wayan Sukra dan I Wayan Santyasa. 2021. "Problem Based E-learning Dalam Pembelajaran Kimia di SMA". Kwangsan-Jurnal Teknologi Pendidikan. Balai Besar Guru Penggerak (BBGP). Vol.09,

Santyasa, I Wayan, I Made Sutajaya dan Ni Nyoman Parwati. 2021. "The application of the mesatua method using \r\ncartoon media in Hindu religious learning to \r\ndevelop student independence with disabilities". LINGUISTICA ANTVERPIENSIA. Linguistica Antverpiensia. Vol.2021 Issue-3 www.hivt.be,

Rapi, Ni Ketut dan I Wayan Santyasa. 2021. "Pengaruh Model Pembelajaran PBM Berbantuan Media Cerita Digital Terhadap Prestasi Belajar Fisika". Penelitian Inovasi Pembelajaran. Universitas Nusantara PGRI Kediri . Vol.5,

Santyasa, I Wayan. 2020. "Project Based E-Learning and Academic Procrastination of Students in Learning Chemistry". Webinar Nasional Tahun 2020. IJI. Vol. International Journal of Instruction,

Santyasa, I Wayan dan A.A.Istri Agung Rai Sudiatmika. 2020. "PENGARUH MODEL PROBLEM BASED-LEARNING\r\nDENGAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF". JURNAL KEPENDIDIKAN. UNY. Vol.4,

Santyasa, I Wayan dan A.A.Istri Agung Rai Sudiatmika. 2020. "PENGARUH MODEL PROBLEM BASED-LEARNING DENGAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF". Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Unviersitas Negeri Yogyakarta. Vol.4,

Santyasa, I Wayan dan Dewa Gede Hendra Divayana. 2020. "Comparison between Group Discussion Flipped Classroom and Lecture on Student Achievement and Student Characters". International Journal Of Instruction. Faculty of Education, Eskisehir Osmangazi University. Vol.13,

Santyasa, I Wayan dan Ni Ketut Rapi. 2020. "Project Based Learning and Academic Procrastination of Students in Learning Physics". International Journal Of Instruction. Faculty of Education, Eskisehir Osmangazi University. Vol.13,

Santyasa, I Wayan, dkk. 2019. "Group Investigation and Explicit learning Models in Learning Physics at Senior High Schools". Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Fisika). Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta. Vol.5,

Santyasa, I Wayan dan I Gede Aris Gunadi. 2019. "Keefektifan Model Problem Based Learning dan Motivasi Berprestasi Siswa dalam Pencapaian Prestasi Belajar Fisika". Jurnal Mimbar Pendidikan. UPI Bandung. Vol.1,

Santyasa, I Wayan dan I Wayan Sukra Warpala. 2019. "PENGARUH DESAIN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN PADA SISWA SMK". Kwansan: Jurnal Teknologi Pendidikan. Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan. Vol.07,

Agustini, Ketut, I Wayan Santyasa dan Ni Made Ratminingsih. 2019. "Analysis of Competence on \"TPACK\": 21st Century Teacher Professional Development\r\n\r\n". Journal Of Physics: Conference Series. IOP Publishing. Vol.1387,

Rapi, Ni Ketut dan I Wayan Santyasa. 2019. "The Relationship between Learning Motivation and Emotional Intelligence with Physics Learning Achievement of Public High School Students Class XI MIA in Singaraja City". Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran. LP3 Universitas Negeri Malang. Vol.25,

Santyasa, I Wayan, I Wayan Sukra Warpala dan I Komang Sudarma. 2019. "The Power of Group Investigation Model on Student Critical Thinking, Attitude, and Character in Learning Physic". Advances In Social Science, Education And Humanities Research. Atlantis Press. Vol.274,

Santyasa, I Wayan dan Iwan Suswandi. 2018. "The Influence of Blended Learning Model Based on Problems of Physical Learning Achievements by Students of Class X Science in SMA 6 Denpasar Academic Year 2017/2018". Indonesian Review Of Physics. UAD.

Santyasa, I Wayan. 2018. "Maximize the mobile learning interaction through project-based learning activities". Educational Research And Reviews. Academic Journal.

Santyasa, I Wayan dan Ni Ketut Rapi. 2017. "Analisis Kualitatif Strategi Pembelajaran Guru Fisika:Relevansinya dalam Pengembangan Motivasi Berprestasi dan Self- Efficacy Siswa. ". Wahana Matematika Dan Sains . Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.11,

Rapi, Ni Ketut dan I Wayan Santyasa. 2017. "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DAN PERANGKAT \r\nPEMBELAJARAN BERORIENTASI NoS UNTUK \r\nMENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA \r\nPADA PEMBELAJARAN FISIKA". Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha. Undiksha Press. Vol.7,

Santyasa, I Wayan dan I Nyoman Putu Suwindra. 2015. "EVALUASI TINDAK GURU FISIKA DALAM PENGIMPLEMENTASIAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA KELAS XI PROGRAM MIPA DI SMA NEGERI 3 SINGARAJA". JURNAL PENDIDIKAN FISIKA UNDIKSHA . Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.2,

Santyasa, I Wayan dan I Nyoman Putu Suwindra. 2014. "THE EFFECT OF GUIDED NOTE TAKING ASSISTED SELF REGULATED LEARNING MODEL TOWARDS THE PHYSICS LEARNING ACHIEVEMENT OF AN SMP STUDENTS". JURNAL PENDIDIKAN FISIKA UNDIKSHA . Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.1,

Santyasa, I Wayan dan I Nyoman Putu Suwindra. 2014. "PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2013/2014". JURNAL PENDIDIKAN FISIKA UNDIKSHA . Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.1,

Tegeh, I Made, I Wayan Santyasa dan I Wayan Sukra Warpala. 2014. "Analisis Kebutuhan Pengembangan Model-Model Student -Contered Learning Untuk Meningkatkan Penalaran Dan Karakter Siswa SMA". Jurnal Pendidikan Indonesia. LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM) UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA. Vol.3,


PROSIDING

Yasa, Putu, dkk. "PENDAMPINGAN DALAM MENGEMBANGKAN PENILAIAN\r\nBERBASIS AKM PADA GURU-GURU SMP NEGERI DI\r\nSINGARAJA". Percetakan Undiksha. Senadimas 7. 2022-09-29.

Santyasa, I Wayan, Gede Saindra Santyadiputra dan Made Juniantari. "Self Regulated E-Learning and Social Attitudes for Achieving Creative Thinking of Students in Learning Physics in High School". atlantis press. International Conference on Science, Technology, Engineering and Industrial Revolution (ICSTEIR 2020). 2020-11-14.

Santyasa, I Wayan. "PENDIDIKAN GURU DAN KOMPETENSI GURU FISIKA DI ERA MERDEKA BELAJAR: ARAH INOVASI RISET BERBASIS PADA KETERAMPILAN ABAD KE-21". Undiksha. Senadika. 2020-10-26.

Santyasa, I Wayan, Ketut Agustini dan I Made Tegeh. "The effect of problem-based flipped learning and academic procrastination on students\' critical thinking in learning physics in SMA". Undiksha. AES. 2020-10-13.

Juniantari, Made, Gede Saindra Santyadiputra dan I Wayan Santyasa. "EFEKTIVITAS PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI EXAMVIEW DAN ZIPGRADE SEBAGAI PENERAPAN EVALUASI DIGITAL BAGI GURU-GURU DI SMA N 2 SINGARAJA". Undiksha Press. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Senadimas) Tahun 2020. 2020-09-29.

Santyasa, I Wayan, Made Juniantari dan Gede Saindra Santyadiputra. "EFEKTIVITAS PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK GURU-GURU DI SMA N 2 SINGARAJA". Undiksha. Senadimas. 2020-09-29.

Santyasa, I Wayan, I Wayan Sukra Warpala dan Gede Saindra Santyadiputra. "The advantages of problem-based flipped classroom learning versus just classroom instruction in learning physics \r\nat Senior High School\r\n". Undiksha. ICIRAD. 2019-09-20.

Santyasa, I Wayan, Gede Saindra Santyadiputra dan Made Juniantari. "Problem-based flipped classroom model in achieving critical thinking, social attitudes, and spiritual attitudes of SMA’ students in learning physics". Undiksha. IConMNS. 2019-08-30.

Santyasa, I Wayan, dkk. "Nature of science v.s direct instruction\r\nmodels in achieving senior high school\r\nstudents’ critical thinking and their attitudes\r\nin learning physics". AIP Publishing. THE 8TH NATIONAL PHYSICS SEMINAR 2019. 2019-06-29.

Agustini, Ketut, I Wayan Santyasa dan Ni Made Ratminingsih. "ANALYSIS OF COMPETENCE ON “TPACK”: 21ST CENTURY TEACHER PROFESSIONAL DEVELOPMENT". Universitas Negeri Padang. Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) IX 2019 & Konferensi Internasional. 2019-03-13.

Santyasa, I Wayan, Gede Saindra Santyadiputra dan Made Juniantari. "Problem-based learning model versus direct instruction in achieving critical thinking\r\nability viewed from students’ social attitude in learning physics". Atlantis Press. ICESSHum 2019. 2019-03-13.

Santyasa, I Wayan. "The Power of Group Investigation Model on\r\nStudent Critical Thinking, Attitude, and\r\nCharacter in Learning Physics". IC-CITE. 2018-11-23.

Santyasa, I Wayan, I Wayan Sukra Warpala dan I Komang Sudarma. "The Power of Group Investigation Model on Student Critical Thinking, Attitude, and Character in Learning Physics". Atlantis Press. 1st International Conference on Creativity, Innovation, Technology in Education (IC-CITE 2018). 2018-11-23.

Santyasa, I Wayan. "MODEL-MODEL STUDENT CENTERED LEARNING DALAM PENCAPAIAN\r\nPENALARAN DAN KARAKTER SISWA SMA". SENARI. 2018-11-15.

Santyasa, I Wayan. "Model Group Investigation dan model explicit learning\r\ndalam Pembelajaran Fisika di SMA". SENARI. 2018-11-15.

Santyasa, I Wayan. "DIKLAT PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS\r\nPROYEK MELIBATKAN GURU-GURU SMA NEGERI 6 DENPASAR". SENADIMAS. 2018-11-10.

Santyasa, I Wayan. "NOS v.s DI models in achieving high school students’ critical\r\nthinking and their attitudes in learning physics". SMIC 2018. 2018-11-02.

Santyasa, I Wayan. "SELF REGULATED LEARNING". Seminar Nasional APS-TPI. 2018-10-25.

Santyasa, I Wayan, I Wayan Suastra dan I Gede Astawan. "The Importance of Physics Text Book in Connecting Concepts and Principles with Character Values and Social Attitude as well as Spiritual Attitude". Atlantis Press. Connecting Concepts and Principles with Character Values and Social Attitude as well as Spiritual Attitude I Wayan Santyasa1, I Wayan Suastra2. 1, 2Ph. 2018-06-28.

Santyasa, I Wayan. "MENDIDIK TEKNOLOG PEMBELAJARAN DI ERA DISRUPTION". Undiksha. Seminar Akademik. 2018-06-06.

Santyasa, I Wayan. "MENDIDIK TEKNOLOG PEMBELAJARAN DI ERA\r\nDISRUPTION". Undiksha. Bimtek Metodologi Penyusunan Penelitian Hibah Bersaing. 2018-03-27.

Santyasa, I Wayan. "STUDENT CENTERED LEARNING: ALTERNATIF PEMBELAJARAN INOVATIF ABAD 21 UNTUK MENYIAPKAN GURU PROFESIONAL". Undiksha. Quantum #25 Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika. 2018-01-27.

Santyasa, I Wayan. "THE IMPORTANCE OF PHYSICS TEXT BOOK CONNECTING CONCEPTS AND PRINCIPLES WITH CHARACTER VALUES AND SOCIAL ATTITUDE AS WELL AS SPIRITUAL ATTITUDE ". Undiksha. International Conference Innovative Research Across Discipline. 2017-12-26.

Santyasa, I Wayan. "Project-Based Learning in Achieving Creative Thinking and Character for Senior High School Student in Learning Physics". Undiksha. Asean Education Symposium. 2017-11-06.

Santyasa, I Wayan. "THE EFFECT OF SELF REGULATED LEARNING AND DIRECT INSTRUCTION ON HIGH SCHOOL STUDENTS’ CRITICAL THINKING AND CHARACTER IN LEARNING PHYSICS ". Undiksha. International Conference on Mathematic and Natural Science. 2017-09-06.

Santyasa, I Wayan, I Wayan Sukra Warpala dan I Made Tegeh. "The Effect of Conceptual Change Model in the Senior High School Students’ Understanding and Character in Learning Physics". EDP Sciences. GC-TALE 2017. 2017-08-28.

Santyasa, I Wayan. "The Effect Of Conceptual Changes Model On The Sma Students’ Understanding And Character In Learning Physics". Undiksha. International Conference Global Conference Teaching Assessment Learning and Evaluation. 2017-08-28.


HASIL LAPORAN

Santyasa, I Wayan, dkk. 2021. "MODEL-MODEL INQUIRY FLIPPED LEARNING DAN KETERLIBATAN KOGNITIF SISWA DALAM PENCAPAIAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA".

Santyasa, I Wayan, Gede Saindra Santyadiputra dan Made Juniantari. 2021. "ANALISIS HUBUNGAN FUNGSIONAL SIKAP SOSIAL, SIKAP SPIRITUAL, DAN KETERLIBATAN KOGNITIF TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA".

Agustini, Ketut, I Made Tegeh dan I Wayan Santyasa. 2020. "MODEL-MODEL STUDENT DAN TEACHER CENTERED FLIPPED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SAINS DAN TEKNOLOGI".

Santyasa, I Wayan dan Iwan Suswandi. 2020. "Model-model student centered learning dalam pembelajaran fisika di SMA: Dampaknya terhadap berpikir krratif ditinjau dari sikap siswa".

Santyasa, I Wayan dan I Wayan Sukra Warpala. 2019. "PENGEMBANGAN MODEL FLIPPED CLASSROOM DAN PENGARUHNYA TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA DI BALI".

Santyasa, I Wayan dan Ketut Agustini. 2019. "APLIKASI MODEL-MODEL STUDENT CENTERED LEARNING: PENGARUHNYA TERHADAP BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA (LAPORAN AKHIR)".

Santyasa, I Wayan dan Ketut Agustini. 2019. "APLIKASI MODEL-MODEL STUDENT CENTERED LEARNING: PENGARUHNYA TERHADAP BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA".

Santyasa, I Wayan. 2018. "APLIKASI PENDEKATAN STUDENT CENTERED LEARNING DAN DAMPAKNYA TERHADAP KOMPETENSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MULTI KONTEN DI SMA DAN SMK".

Agustini, Ketut dan I Wayan Santyasa. 2018. "ANALISIS KEMAMPUAN TECHNOLOGY, PEDAGOGY, AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) PARA ALUMNI S2 TeP DALAM MENDUKUNG PROFESINYA SEBAGAI GURU YANG PROFESIONAL ".

Santyasa, I Wayan, I Wayan Suastra dan I Gede Astawan. 2017. "Pengembangan Buku Ajar dan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model-model SCL: Mengaitkan Konsep dan Prinsip Fisika dengan NIlai-nilai Karakter, SIkap Sosial, dan Sikap Spiritual".

PENGABDIAN

MEMBERI PELATIHAN

Tanggal Pelaksanaan (2022-08-26). Nama pelatihan: Pendampingan Mendesain dan Mengembangkan Instrumen AKM Pada Guru -Guru IPA SMP Negeri Di Singaraja Untuk Mewujudkan Pembelajaran Berkarakter Berbasis HOTS, Lokasi pelatihan Laboratorium Fisika Lanjut Prodi Pendidikan Fisika, lama kegiatan 11 jam.

Tanggal Pelaksanaan (2019-06-26). Nama pelatihan: PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIDEO SCRIBE UNTUK GURU SMK KESEHATAN DI MELAYA KABUPATEN JEMBRANA , Lokasi pelatihan Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana, lama kegiatan 11 jam.

Tanggal Pelaksanaan (2019-06-16). Nama pelatihan: DIKLAT MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIDEO SCRIBE UNTUK GURU SMK KESEHATAN DI MELAYA, KABUPATEN JEMBRANA , Lokasi pelatihan Kecamatan Melaya Jembrana, lama kegiatan 11 jam.

Tanggal Pelaksanaan (2018-05-04). Nama pelatihan: Diklat Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek melibatkan guru-guru SMA Negeri 6 Denpasar, Lokasi pelatihan SMA Negeri 6 Denpasar, lama kegiatan 10 jam.

Tanggal Pelaksanaan (2017-09-15). Nama pelatihan: Pelatihan Penyusunan dan Pengembangan Perangkat Assesmen Karakter bagi Guru-Guru IPA SMP di Kabupaten Buleleng, Lokasi pelatihan Laboratorium Fisika Lanjut, FMIPA, Undiksha, lama kegiatan 11 jam.

Tanggal Pelaksanaan (2017-09-01). Nama pelatihan: Diklat Pengembangan Perangkat Pendidikan Karakter Terintegrasi Pembelajaran Fisika Melibatkan Guru-guru FIsika di Kabupaten Buleleng, Lokasi pelatihan Kantor MGMP Fisika Kabupaten Buleleng, lama kegiatan 11 jam.

Tanggal Pelaksanaan (2017-08-09). Nama pelatihan: Diklat Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Proyek Bagi Guru-guru SMP, SMA, dan SMK di Kabupaten Tabanan, Lokasi pelatihan SMK N 2 Marga, Tabanan, lama kegiatan 11 jam.

No Tahun Masuk Strata Negara Universitas Bidang Ilmu Tahun Lulus Predikat
1 1 September 2001 S3 Indonesia Universitas Negeri Malang Teknologi Pembelaharan 1 September 2004
2 1 September 1991 S2 Indonesia Universitas Gajah Mada Fisika 1 Februari 1994 Pujian
3 1 Agustus 2001 S1 Indonesia Universitas Udayana Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 11 November 1986
No Tahun Masuk Strata Negara Universitas Bidang Ilmu Tahun Lulus Predikat
No Golongan Pangkat No SK Tanggal SK TMT TGL TERIMA SK
1 IVE Pembina Utama 35/K Tahun 2012 7 Mei 2012 1 April 2012
2 IVD Pembina Utama Madya 44/K Tahun 2008 29 Juli 2008 1 April 2008
3 IVC Pembina Utama Muda 115/K Tahun 2006 6 November 2006 1 April 2006
4 IVB Pembina Tingkat I 6/K Tahun 2001 9 Maret 2001 1 Oktober 2000
5 IVA Pembina 60395/A2.IV.1/KP/1998 15 Juni 1998 1 April 1998
6 IIID Penata 09/L.04.H/KP/1996 18 Januari 1996 1 Oktober 1995
7 IIIC Penata 305/PT.17.H15/II.2.2/C.04.03/1994 24 Januari 1994 1 Oktober 1993
8 IIIB Penata Muda Tingkat I 4076/PT.17.H1`5/II.3.2/C.04.03/1991 4 November 1991 1 April 1991
9 IIIA Penata Muda 640/PT.17.H.15/II.3.2/C.03.01/1987 16 Mei 1987 1 Februari 1987
No Golongan Pangkat No SK Tanggal SK TMT TGL TERIMA SK
No Tanggal (Masuk - Lulus) Strata Negara Universitas Beasiswa Status Jenis Belajar
No Tanggal (Masuk - Lulus) Strata Negara Universitas Beasiswa Status Jenis Belajar
Riwayat Jabatan (Fungsional)
No Fungsional No SK Tanggal SK TMT
1 Guru Besar 56281/A2.7/KP/2005 30 Juni 2005 1 Juli 2005
2 Lektor Kepala 61745/A2.IV.1/KP/2000 31 Agustus 2000 1 September 2000
3 Lektor 129211/A2.IV.1/KP/1997 31 Oktober 1997 1 November 1997
4 Asisten Ahli 03/PT.17.H/II.3.1/C.03.02/1991 31 Januari 1991 1 Februari 1991
No Fungsional No SK Tanggal SK TMT
Riwayat Jabatan (Struktural)
No Jabatan Struktural Unit Kerja No SK Berlaku Tanggal SK
1 Ketua Senat Fakultas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 23/UN48.9/KP/2023 1 Januari 2023 s/d 11 Juli 2023 1 Januari 2023
2 Ketua Senat Fakultas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 6/UN48.9/KP/2022 26 Januari 2022 s/d 31 Desember 2022 26 Januari 2022
3 Ketua Senat Fakultas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 1/UN48.9/KP/2021 1 Januari 2021 s/d 31 Desember 2021 1 Januari 2021
4 Ketua Senat Fakultas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 5/UN48.9/KP/2020 9 Januari 2020 s/d 31 Desember 2020 9 Januari 2020
5 Ketua Program Studi S2 Teknologi Pembelajaran 1072/UN48/KP/2018 1 Januari 2018 s/d 30 November 2019 27 Februari 2018
6 Ketua Program Studi S2 Teknologi Pembelajaran 3188/UN48/KP/2017 3 November 2017 s/d 31 Desember 2018 3 November 2017
7 Ketua Program Studi S2 Teknologi Pembelajaran 2 Juni 2017 s/d 2 Juni 2019 2 Juni 2017
8 Anggota Staf Ahli Teknologi Pembelajaran 45/UN48.11/PP/2017 1 Februari 2017 s/d 31 Desember 2017 1 Februari 2017
No Jabatan Struktural Unit Kerja No SK Berlaku Tanggal SK
No Status Ikatan Kerja Status Dosen Saat Ini TMT
1 PNS Aktif 1 Agustus 1988
2 CPNS Aktif 1 Februari 1987
No Status Ikatan Kerja Status Dosen Saat Ini TMT
Daftar Data Mengajar
Perlu diperhatikan riwayat mengajar dosen bersangkutan didapatkan dari sistem Shakuntala berdasarkan data SK yang masuk.
TAHUN MENGAJAR
MENGAJAR PADA TAHUN 2021
2021 GANJIL [MPK-71] AGAMA HINDU - FIP, FBS, MIPA, FK SKS 2.00 Kelas 32
2021 GANJIL [MPK-71] AGAMA HINDU - FIP, FBS, MIPA, FK SKS 2.00 Kelas 33
2021 GANJIL [MPK-71] AGAMA HINDU - FIP, FBS, MIPA, FK SKS 2.00 Kelas 4
2021 GANJIL [MPK-71] AGAMA HINDU - FIP, FBS, MIPA, FK SKS 2.00 Kelas 32
2021 GANJIL [MPK-71] AGAMA HINDU - FIP, FBS, MIPA, FK SKS 2.00 Kelas 33
2021 GANJIL [MPK-71] AGAMA HINDU - FIP, FBS, MIPA, FK SKS 2.00 Kelas 4
TOTAL SKS 12
MENGAJAR PADA TAHUN 2020
2020 GANJIL [0350216FIS1520] Matriks dan Ruang Vektor SKS 3.00 Kelas A
2020 GANJIL [0350216FIS1747] Seminar Pendidikan Fisika SKS 3.00 Kelas A
2020 GANJIL [0550216TIK1646] Metodologi Penelitian SKS 3.00 Kelas A
2020 GANJIL [0550216TIK1646] Metodologi Penelitian SKS 3.00 Kelas B
2020 GANJIL [MPK-40] AGAMA HINDU - FIP, FBS, MIPA, FK SKS 2.00 Kelas 17
2020 GANJIL [MPK-40] AGAMA HINDU - FIP, FBS, MIPA, FK SKS 2.00 Kelas 18
2020 GANJIL [MPK-40] AGAMA HINDU - FIP, FBS, MIPA, FK SKS 2.00 Kelas 19
2020 GANJIL [MPK-40] AGAMA HINDU - FIP, FBS, MIPA, FK SKS 2.00 Kelas 17
2020 GANJIL [MPK-40] AGAMA HINDU - FIP, FBS, MIPA, FK SKS 2.00 Kelas 18
2020 GANJIL [MPK-40] AGAMA HINDU - FIP, FBS, MIPA, FK SKS 2.00 Kelas 19
TOTAL SKS 24
2020 GENAP [0350216FIS1623] Pengantar Fisika Kuantum SKS 1.50 Kelas A
2020 GENAP [0350216FIS1623] Pengantar Fisika Kuantum SKS 1.50 Kelas B
2020 GENAP [0350216FIS1632] Metodologi Penelitian SKS 1.50 Kelas A
2020 GENAP [3892] Matriks dan Ruang Vektor SKS 3.00 Kelas A
2020 GENAP [MPK-63] AGAMA HINDU - FHIS, FTK, FOK, FE SKS 2.00 Kelas 32
2020 GENAP [MPK-63] AGAMA HINDU - FHIS, FTK, FOK, FE SKS 2.00 Kelas 33
2020 GENAP [MPK-63] AGAMA HINDU - FHIS, FTK, FOK, FE SKS 2.00 Kelas 4
2020 GENAP [MPK-63] AGAMA HINDU - FHIS, FTK, FOK, FE SKS 2.00 Kelas 32
2020 GENAP [MPK-63] AGAMA HINDU - FHIS, FTK, FOK, FE SKS 2.00 Kelas 33
2020 GENAP [MPK-63] AGAMA HINDU - FHIS, FTK, FOK, FE SKS 2.00 Kelas 4
TOTAL SKS 19.5
MENGAJAR PADA TAHUN 2019
2019 GANJIL [0350212FIS1262] Seminar Pendidikan Fisika* SKS 3.00 Kelas B
2019 GANJIL [0350216FIS1520] Matriks dan Ruang Vektor SKS 1.50 Kelas A
2019 GANJIL [0350216FIS1520] Matriks dan Ruang Vektor SKS 1.50 Kelas B
2019 GANJIL [0350216FIS1747] Seminar Pendidikan Fisika SKS 3.00 Kelas A
2019 GANJIL [0350216FIS1747] Seminar Pendidikan Fisika SKS 3.00 Kelas B
2019 GANJIL [0550216TIK1646] Metodologi Penelitian SKS 3.00 Kelas A
2019 GANJIL [0550216TIK1646] Metodologi Penelitian SKS 3.00 Kelas B
2019 GANJIL [MPK-3] Agama Hindu - Singaraja SKS 2.00 Kelas 5
2019 GANJIL [MPK-3] Agama Hindu - Singaraja SKS 2.00 Kelas 6
TOTAL SKS 22
2019 GENAP [0350212FIS1229] Pengantar Fisika Kuantum SKS 3.00 Kelas B
2019 GENAP [0350216FIS1623] Pengantar Fisika Kuantum SKS 1.50 Kelas A
2019 GENAP [0350216FIS1623] Pengantar Fisika Kuantum SKS 1.50 Kelas B
2019 GENAP [0350216FIS1632] Metodologi Penelitian SKS 3.00 Kelas A
2019 GENAP [0350216FIS1632] Metodologi Penelitian SKS 3.00 Kelas B
2019 GENAP [1153] Agama Hindu SKS 2.00 Kelas A
2019 GENAP [1153] Agama Hindu SKS 2.00 Kelas B
2019 GENAP [MPK-20] Agama Hindu - SINGARAJA SKS 2.00 Kelas 21
2019 GENAP [MPK-20] Agama Hindu - SINGARAJA SKS 2.00 Kelas 22
TOTAL SKS 20
MENGAJAR PADA TAHUN 2018
2018 GANJIL [0250216ING2304] Pendidikan Agama Hindu SKS 2.00 Kelas A
2018 GANJIL [0250216ING2304] Pendidikan Agama Hindu SKS 2.00 Kelas B
2018 GANJIL [0350212FIS1226] Matrik dan Ruang Vektor SKS 3.00 Kelas A
2018 GANJIL [0350212FIS1226] Matrik dan Ruang Vektor SKS 3.00 Kelas B
2018 GANJIL [0350212FIS1257] Pengantar Psikologi Pembelajaran* SKS 2.00 Kelas B
2018 GANJIL [0350212FIS1262] Seminar Pendidikan Fisika* SKS 1.50 Kelas A
2018 GANJIL [0350212FIS1262] Seminar Pendidikan Fisika* SKS 1.50 Kelas B
2018 GANJIL [0350212FIS1262] Seminar Pendidikan Fisika* SKS 1.50 Kelas C
2018 GANJIL [0150216TPD1107] Media Pembelajaran SKS 1.00 Kelas A
2018 GANJIL [0350216FIS1520] Matriks dan Ruang Vektor SKS 3.00 Kelas A
2018 GANJIL [0350216FIS1520] Matriks dan Ruang Vektor SKS 3.00 Kelas B
2018 GANJIL [0550616SIF1101] Pendidikan Agama Hindu SKS 2.00 Kelas A
2018 GANJIL [0550616SIF1101] Pendidikan Agama Hindu SKS 2.00 Kelas B
TOTAL SKS 27.5
2018 GENAP [0350212FIS1226] Matrik dan Ruang Vektor SKS 3.00 Kelas B
2018 GENAP [0350212FIS1229] Pengantar Fisika Kuantum SKS 3.00 Kelas A
2018 GENAP [0350212FIS1262] Seminar Pendidikan Fisika* SKS 1.50 Kelas A
2018 GENAP [0350116MAT2204] Pendidikan Agama Hindu SKS 2.00 Kelas A
2018 GENAP [0350116MAT2204] Pendidikan Agama Hindu SKS 2.00 Kelas B
2018 GENAP [0350216FIS2204] Pendidikan Agama Hindu SKS 2.00 Kelas A
2018 GENAP [0350216FIS2204] Pendidikan Agama Hindu SKS 2.00 Kelas B
2018 GENAP [0350216FIS1623] Pengantar Fisika Kuantum SKS 1.50 Kelas A
2018 GENAP [0350216FIS1623] Pengantar Fisika Kuantum SKS 1.50 Kelas B
2018 GENAP [0350216FIS1632] Metodologi Penelitian SKS 1.50 Kelas A
2018 GENAP [0350216FIS1632] Metodologi Penelitian SKS 1.50 Kelas B
TOTAL SKS 21.5
MENGAJAR PADA TAHUN 2017
2017 GANJIL [0250216ING2304] Pendidikan Agama Hindu SKS 2.00 Kelas A
2017 GANJIL [0250216ING2304] Pendidikan Agama Hindu SKS 2.00 Kelas B
2017 GANJIL [0250216ING2304] Pendidikan Agama Hindu SKS 2.00 Kelas C
2017 GANJIL [0350207FIS6337] Seminar Fisika SKS 3.00 Kelas B
2017 GANJIL [0350212FIS1226] Matrik dan Ruang Vektor SKS 3.00 Kelas A
2017 GANJIL [0350212FIS1226] Matrik dan Ruang Vektor SKS 3.00 Kelas B
2017 GANJIL [0350212FIS1226] Matrik dan Ruang Vektor SKS 3.00 Kelas C
2017 GANJIL [0350212FIS1262] Seminar Pendidikan Fisika* SKS 3.00 Kelas A
2017 GANJIL [0350212FIS1262] Seminar Pendidikan Fisika* SKS 3.00 Kelas B
TOTAL SKS 24
2017 GENAP [0350212FIS1229] Pengantar Fisika Kuantum SKS 3.00 Kelas A
2017 GENAP [0350212FIS1229] Pengantar Fisika Kuantum SKS 3.00 Kelas B
2017 GENAP [0350212FIS1229] Pengantar Fisika Kuantum SKS 3.00 Kelas C
2017 GENAP [0350212FIS1246] Metodologi Penelitian SKS 1.50 Kelas A
2017 GENAP [0350212FIS1246] Metodologi Penelitian SKS 1.50 Kelas B
2017 GENAP [0350212FIS1246] Metodologi Penelitian SKS 1.50 Kelas C
2017 GENAP [0350212FIS1262] Seminar Pendidikan Fisika* SKS 3.00 Kelas A
2017 GENAP [0350212FIS1262] Seminar Pendidikan Fisika* SKS 3.00 Kelas B
2017 GENAP [0550212TIK1222] Metode Penelitian Pendidikan (Educational Research Methodology) SKS 3.00 Kelas A
2017 GENAP [0350216FIS2204] Pendidikan Agama Hindu SKS 2.00 Kelas A
2017 GENAP [0350216FIS2204] Pendidikan Agama Hindu SKS 2.00 Kelas B
2017 GENAP [0150216TPD1543] Metodologi Penelitian Pendidikan SKS 1.00 Kelas A
2017 GENAP [0150216TPD1543] Metodologi Penelitian Pendidikan SKS 1.00 Kelas B
TOTAL SKS 28.5