Prof.Dr. I Made Ardana, M.Pd. Pendidikan Matematika (S2)PNS - Aktif

Deskripsi Singkat

I Made Ardana lahir di Badung tanggal 27 Agustus 1962. Sejak Tahun 1989 diangkat menjadi dosen diJurusan Pendidikan Matematika FKlP UNUD (Sekarang Universitas Pendidikan Ganesha/Undiksha). I Made Ardana menyelesaikan studi untuk pendidikan S1 pada Tahun 1985 di Jurusan Pendidikan Matematika FKlP UNUD, lulus dari Program S2 Jurusan Pendidikan Matematika PPs IKIP Malang pada tahun 1999, dan lulus dari Program S3 Jurusan Pendidikan Matematika PPs UNESA pada tahun 2007. Sejak tahun 2011 I Made Ardana diangkat menjadi Guru Besar tetap Undiksha dalam bidang Pendidikan Matematika. Sampai saat ini selain mengajar di S1, S2, dan S3, I Made Ardana sangat aktif dalam melakukan penelitian ilmiah dan pengabdian pada masyarakat. Di samping itu penulis pernah membimbing olimpiade pada jenjang Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah, dan aktif sebagai nara sumber untuk guru-guru, pengawas, dosen, dan masyarakat umum pada beberapa tempat/ sekolah/perguruan tinggi berkaitan dengan pembelajaran inovatif, penelitian tindakan kelas (PTK), asesmen, penulisan buku ajar, dan dalam bidang akademik lainnya. Beberapa mata kuliah yang pernah diampunya antara lain: Geometri Transformasi, Kalkulus I dan II, Kalkulus Lanjut, Statistika, Perkembangan Peserta Didik, Pengantar Pendidikan, Evaluasi Pembelajaran Matematika, Landasan Pembelajaran Matematika, dan Filsafat Pendidikan Matematika. Ada beberapa posisi yang pernah dipercayakan kepadanya antara lain: Konsultan Pendidikan pada suatu Perguruan Tinggi Swasta; Ketua pelaksana sertifikasi guru dalam jabatan melalui jalur pendidikan Undiksha pada tahun 2007 dan 2008; Ketua pelaksana sertifikasi guru dalam jabatan Rayon 121 Undiksha pada tahun 2010 dan 2011; Pembantu Dekan I FMIPA Undiksha periode tahun 2011- 2015, dan Sekretaris LPPPM Undiksha periode tahun 2016 – sekarang.

I Made Ardana
Pendidikan
Doktor
Pendidikan Matematika UNESA Surabaya - Indonesia
Magister
Pendidikan Matematika Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Malang - Indonesia
Sarjana
Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana - Indonesia
Mata kuliah yang diampu
Perkembangan peserta didik; Pengantar pendidikan; Landasan Pembelajaran; Evaluasi Pembelajaran Matematika; Filsafat Pendidikan Matematika
Email Dosen
#ardanaimade@undiksha.ac.id
Status Sertifikasi
SUDAH SERTIFIKASI

PENELITIAN DAN PENGABDIAN Informasi mengenai data penelitian dan pengabdian dosen Universitas Pendidikan Ganesha.

PENELITIAN

JURNAL ILMIAH

Ariawan, I Putu Wisna, dkk. 2024. "Scoring rubric design to measure the ability to prove plane geometry problems not accompanied by image visualization". Jurnal Elemen. Universitas Hamzanwadi, in collaboration with Indonesian Mathematics Educators Society. Vol.10,

Sariyasa, dan I Made Ardana. 2023. "PENGEMBANGAN MASALAH BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL UNTUK SISWA KELAS VIII SMP". JURNAL ILMIAH GLOBAL EDUCATION. LPPM Institut Pendidikan Nusantara Global. Vol.4,

Suharta, I Gusti Putu dan I Made Ardana. 2023. "EXPLORATION OF SOCIAL JUSTICE ORIENTED MATHEMATICAL PROBLEM MODELING\r\nRELATED TO THE SINGARAJA-MENGWITANI SHORTCUT PROJECT". International Journal Of Innovation Scientific Research And Review. Institute of Soil Science and Agrochemistry of the National Academy of Sciences. Vol.05,

Lasmawan, I Wayan dan I Made Ardana. 2023. "PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERKEARIFAN LOKAL KECAK UNTUK MENANAMKAN DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA BERKEBHINEKAAN GLOBAL". PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Undiksha. Vol.7,

Ardana, I Made dan I Made Gunamantha. 2023. "Student Facilitator Learning Model and Concept Map-Assisted Explanation on Interests and Learning Outcomes of Elementary School Students". Journal Of Psychology And Instructio. Undiksha. Vol.7,

Ardana, I Made, I Nengah Suparta dan Gede Suweken. 2023. "The Effectiveness Of Geogebra-Assisted Stem Learning On Students\' Understanding Of Mathematics Concepts And Creativity". I T A L I E N I S C H. Verlag Sauerlander. Vol.13,

Ardana, I Made, I Putu Wisna Ariawan dan Wayan Sugandini. 2023. "Character Development Through Collaboration Between Teachers, Parents, and Students in Online Learning". Jurnal Edutech Undiksha. Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.11,

Ardana, I Made dan I Made Candiasa. 2023. "Model Children Learning in Science Berbasis Masalah Kontekstual terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar". JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN PROFESI GURU. Universitas Pendidikan ganesha. Vol.6,

Suastra, I Wayan dan I Made Ardana. 2023. "HOTS Oriented Problem-Based Learning Model: Improving Critical Thinking Skills and Learning Outcomes of Fifth Grade Students in Science Learning". Thinking Skills And Creativity Journal. UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA. Vol.6,

Ardana, I Made dan Gede Suweken. 2023. "Pengembangan Media Pembelajaran Adaptif Dengan Teknik Detour Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik". JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika). UNIPMA (Universitas PGRI Madiun). Vol.11,

Sariyasa, dan I Made Ardana. 2023. "Development of minimum competency assessment (AKM) instruments to measure the numeration ability of seventh grade of junior high school students". International Journal Of Trends In Mathematics Education Research. SAINTIS Publishing. Vol.6,

Ariawan, I Putu Wisna, dkk. 2022. "Design of Formative-Summative Evaluation Model Based on Tri Pramana-Weighted Product". Emerging Science Journal. Ital Publication. Vol.6,

Ardana, I Made. 2022. "The Impact of the 5E Learning Cycle Model Based on the STEM Approach on Scientific Attitudes and Science Learning Outcomes". Mimbar PGSD Undiksha. Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.10,

Ardana, I Made dan I Putu Pasek Suryawan. 2022. "Analisis Motivasi Belajar Matematika Beserta Alternatif Solusinya pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Denpasar di Masa Pandemi". Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya. Fakultas MIPA Undiksha. Vol.16,

Ardana, I Made dan I Wayan Kertih. 2022. "PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS ETNOMATEMATIKA BATU KUBUR DAN RUMAH ADAT SUMBA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR". PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Universitas Pendidikan ganesha. Vol.6,

Suharta, I Gusti Putu, I Made Ardana dan I Putu Wisna Ariawan. 2022. "The Mechanism Development of Digital Mathematics Material Study Based on STEM". International Journal Of Mechanical Engineering. Kalahari Journals. Vol.7,

Ardana, I Made dan I Made Gunamantha. 2022. "PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PEMECAHAN MASALAH DENGAN PENDEKATAN 4C UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA". PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Universitas Pendidikan ganesha. Vol.6,

Ardana, I Made, I Gusti Putu Suharta dan I Gst. Putu Sudiarta. 2022. "Development of Mathematics Web-based Learning on Table Set-Up Activities". (IJACSA) International Journal Of Advanced Computer Science And Applications,. The Science and Information Organization. Vol.13,

Ardana, I Made dan I Putu Wisna Ariawan. 2021. "The expansion of sociocultural theory-oriented mathematical\r\nlearning model". Cypriot Journal Of Educational Sciences. Birlesik Dunya Yenilik Arastirma ve Yayincilik Merkezi. Vol.Volume 16,

Ariawan, I Putu Wisna, I Made Ardana dan I Made Yudana. 2021. "Evaluation of mathematics learning management of junior high schools in singaraja city during COVID-19 pandemic\r\n". Budapest International Research And Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities And Social Sciences. BIRCU-Publisher. Vol.4,

Divayana, Dewa Gede Hendra, dkk. 2021. "Utilization of Alkin-WP-Based Digital Library Evaluation Software as Evaluation Tool of Digital Library Effectiveness". Emerging Science Journal. Ital Publication. Vol.5,

Sariyasa, dan I Made Ardana. 2021. "PENGARUH MODEL FLIPPED LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA\r\nTERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR\r\nMATEMATIKA". AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Metro. Vol.10,

Ardana, I Made dan I Made Gunamantha. 2021. "Pengaruh Model Core Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V Gugus 02 Kuta Utara". Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia. Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.11,

Astawa, I Wayan Puja dan I Made Ardana. 2021. "Improving Students’ Conceptual Understanding Through Geogebra-Assisted “5E” Learning Cycle: Is It Effective?". Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran. Research and Community Service Institute of Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.54,

Ardana, I Made dan Nyoman Dantes. 2021. "PENGARUH PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN PENGENDALIAN KEMAMPUAN NUMERIK". Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran. UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA. Vol.5,

Sudiarta, I Gst. Putu dan I Made Ardana. 2021. "Pengaruh Model Pembelajaran ALC berbasis E-Modul Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Masa Pandemi COVID-19". JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) . UNIPMA. Vol.9,

Ardana, I Made dan Gede Suweken. 2021. "Pengaruh Model Pembelajaran CPS Berbantuan GeoGebra Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematika ". JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) . UNIPMA. Vol.9,

Ardana, I Made dan I Gst. Putu Sudiarta. 2021. "Pengaruh Model Pembelajaran ALC berbasis E-Modul Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Masa Pandemi COVID-19\r\n". JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) . UNIVERSITAS PGRI MADIUN. Vol.9,

Ardana, I Made. 2020. "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN CD INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V DI GUGUS II KECAMATAN KUTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019". Jurnal PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia,. UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA. Vol.3,

Sariyasa, dan I Made Ardana. 2020. "Pengaruh Metode Pembelajaran Hands-minds on Activity terhadap \r\nPemahaman Konsep Geometri Ditinjau dari Kemampuan Tilikan \r\nRuang". Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika. Universitas Mercu Buana Yogjakarta. Vol.5,

Mertasari, Ni Made Sri dan I Made Ardana. 2020. "PENGARUH MODEL RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA\r\n\r\n". Jurnal Nasional Pendidikan Matematika. Universitas Swadaya Gunung Djati. Vol.2,

Ardana, I Made. 2020. "Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model Reciprocal Teaching Berbantuan Media Interaktif\r\n". JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika). Universitas Swadaya Gunung Djati. Vol.Volume 4,

Ardana, I Made. 2020. "MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL BRUNER, BUDAYA LOKAL, DAN SCAFFOLDING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP RELASI DAN FUNGSI". JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika). Universitas Swadaya Gunung Djati. Vol.4,

Ardana, I Made. 2020. "Development Of Blcs Learning Devices Based On Traditional Or Computer Explorative Media To Improve Mathematical Problem-Solving Skills". Journal Of Physics: Conference Series. IOP Publishing. Vol.1503,

Ardana, I Made dan I Gst. Putu Sudiarta. 2020. "Masalah Matematika Autentik pada Pembelajaran IKRAR untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis". JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal). INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN. Vol.3,

Divayana, Dewa Gede Hendra, I Made Ardana dan I Putu Wisna Ariawan. 2020. "Implementation of Educational Services Evaluation Application Based on Weighted Product-Alkin as a Digital Library Evaluation Tool ". Talent Development & Excellence. International Research Association for Talent Development and Excellence (IRATDE). Vol.12,

Suharta, I Gusti Putu dan I Made Ardana. 2019. "CONTRIBUTION OF PEDAGOGICAL KNOWLEDGE, CONTENT KNOWLEDGE, PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE, AND STUDENTS’ SELFAWARENESS TO STUDENTS’ MATHEMATICAL ANXIETY". INTERNATIONAL JOURNAL OF ENGINEERING SCIENCES & RESEARCH TECHNOLOGY. Creative Commons Attribution 4.0 International License. Vol.8,

Suharta, I Gusti Putu dan I Made Ardana. 2019. "CONTRIBUTION OF PEDAGOGICAL KNOWLEDGE, CONTENT KNOWLEDGE, PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE, AND STUDENTS’ SELF-AWARENESS TO STUDENTS’ MATHEMATICAL ANXIETY". IJESERT (INTERNATIONAL JOURNAL OF ENGINEERING SCIENCES & RESEARCH TECHNOLOGY). IJESERT (INTERNATIONAL JOURNAL OF ENGINEERING SCIENCES & RESEARCH TECHNOLOGY). Vol.8,

Mahayukti, Gst. Ayu, I Made Ardana dan I Putu Pasek Suryawan. 2019. "THE EFFECT OF CONCRETE-PICTORIAL-ABSTRACT(CPA) LEARNING STRATEGY ON SPATIAL SENSE ABILITY (SSA) ". Journal Of Physics:Conference- Series. Universitas Negeri Padang. Vol.1317,

Ardana, I Made dan Gede Suweken. 2019. "Pemahaman Matematis Siswa Dengan Menggunakan Buku Elektronik Interaktif Berbantuan Geogebra". JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika). JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika). Vol.3,

Ardana, I Made. 2019. "Pengaruh Model Pembelajaran Reading Concept Map Reciprocal Teaching (REMAP RT) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Singaraja". Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha. Undiksha. Vol.Volume IX ,

Ardana, I Made. 2019. "PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENALARAN\r\nDAN PEMECAHAN MASALAH (MP3M) TERHADAP KEMAMPUAN \r\nPEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP\r\nNEGERI 6 SINGARAJA ". Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha. Undiksha. Vol.6,

Sukajaya, I Nyoman dan I Made Ardana. 2019. "EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RESIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS XI MIA \r\n\r\n". Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha. Undiksha Press. Vol.10,

Sukajaya, I Nyoman dan I Made Ardana. 2019. "Efektivitas Model Pembelajaran Resik dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas XI MIA". Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.10,

Ardana, I Made dan I Putu Pasek Suryawan. 2019. "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE BERBANTUAN MASALAH TERBUKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP LABORATORIUM\r\nUNDIKSHA ". Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha. Undiksha Press. Vol.10,

Dantes, Nyoman, I Made Ardana dan Anak Agung Istri Ngr. Marhaeni. 2019. "Treffinger Creative Learning Model with RME Principles on Creative Thinking Skill by Considering Numerical Ability ". International Journal Of Instruction. International Journal of Instruction. Vol.12,

Astawa, I Wayan Puja dan I Made Ardana. 2019. "Pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap pemahaman konsep dan kelancaran prosedur matematis". Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Departement Of Mathematics Education, Graduate School of Universitas Negeri Yogyakarta. Vol.6,

Suharta, I Gusti Putu dan I Made Ardana. 2019. "THE DEVELOPMENT OF COLLABORATIVE MATHEMATICS LEARNING EMBEDDED WITH BALINESE CULTURAL PRINCIPLE". Jurnal Pengajaran MIPA. UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA. Vol.24,

Ardana, I Made dan I Wayan Puja Astawa. 2019. "Contribution of mathematics anxiety, achievement motivation, and academic potential to problem solving ability". Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran. Undiksha. Vol.52,

Sudiarta, I Gst. Putu dan I Made Ardana. 2019. "Development of problem-solving-oriented mathematics learning tools with TANDUR setting to improve mathematics learning outcomes ". Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran. Undiksha. Vol.52,

Ardana, I Made dan Sariyasa. 2019. "Efektivitas Model ICARE Berbantuan Geogebra UntukMeningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa \r\n ". JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) . Universitas Swadaya Gunung Djati. Vol.3,

Ardana, I Made. 2019. "Efektivitas Model ICARE Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa". JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika). JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika). Vol. 3 (1),

Sariyasa, dan I Made Ardana. 2018. "Effect of GeoGebra-Aided REACT Strategy on Understanding of Geometry Concepts". International Journal Of Instruction. International Journal of Instruction . Vol.11,

Ardana, I Made dan Dewa Gede Hendra Divayana. 2018. "DEVELOPMENT OF ALKIN MODEL INSTRUMENTS AS EVALUATION TOOLS OF BLENDED LEARNING\r\nIMPLEMENTATION IN DISCRETE MATHEMATICS COURSE ON STIKOM BALI". Journal Of Theoretical And Applied Information Technology. Little Lion Scientific. Vol.96,

Wijana, Nyoman, dkk. 2018. "The Measurement of Rare Plants Learning Media using Backward Chaining Integrated with Context-Input-Process-Product Evaluation Model based on Mobile Technology". International Journal Of Advanced Computer Science And Applications. The Science and Information (SAI) Organization. Vol.9,

Sariyasa, dan I Made Ardana. 2018. "Effect of GeoGebra-Aided REACT Strategy on Understanding of Geometry Concepts". International Journal Of Instruction. Eskisehir Osmangazi University.

Suharta, I Gusti Putu, Gede Suweken dan I Made Ardana. 2018. "EVALUATION STUDY OF MATHEMATICS EDUCATION MASTER PROGRAM CURRICULUM". Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran. Undiksha Press.

Jampel, I Nyoman, dkk. 2017. "EVALUATION OF LEARNING PROGRAMS AND COMPUTER CERTIFICATION AT COURSE INSTITUTE IN BALI USING CSE-UCLA BASED ON SAW SIMULATION MODEL". Journal Of Theoretical And Applied Information Technology. Little Lion Scientific. Vol.95,

Suarsana, I Made dan I Made Ardana. 2017. "Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru-Guru SD Gugus V Kecamatan Kubu\r\n". Ngayah. Forum Layanan IPTEKS Bagi Masyarakat (FLipMAS) Wilayah Bali. Vol.8,

Ardana, I Made, I Putu Wisna Ariawan dan Dewa Gede Hendra Divayana. 2017. "MEASURING THE EFFECTIVENESS OF BLCS MODEL (BRUNER, LOCAL CULTURE, SCAFFOLDING) IN MATHEMATICS TEACHING BY USING EXPERT SYSTEM-BASED \r\nCSE-UCLA". International Journal Of Education And Management Engineering. MECS Publisher. Vol.7,

Divayana, Dewa Gede Hendra, I Made Ardana dan I Putu Wisna Ariawan. 2017. "MEASUREMENT OF EFFECTIVENESS OF A LECTURER IN TRANSFERRING ALGEBRA KNOWLEDGE THROUGH OF MULTIMEDIA FACILITIES BY USING CERTAINTY FACTOR-FORMATIVE-SUMMATIVE MODEL". Journal Of Theoretical And Applied Information Technology. Little Lion Scientific. Vol.95,

Ardana, I Made. 2014. "Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Hands on Mathematics Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Di SD. 1, 2, 5 Banyuasri". E - Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar. Undiksha. Vol.4,

Ardana, I Made. 2014. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tandur Berbantuan Geogebra Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Dan Aktivitas Belajar Geometri Siswa". Jurnal Jurusan Pendidikan Matematika Ganesha (JJPM). Undiksha. Vol.3,

Ardana, I Made. 2014. "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Scientific Berorientasi Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Siswa". E - Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Matematika. Undiksha. Vol.3,

Ardana, I Made. 2014. "Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Kemampuan Verbal". E - Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar. Undiksha. Vol.4,

Ardana, I Made. 2013. "Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kebiasaan Belajar di SD". E - Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar. Undiksha. Vol.3,

Ardana, I Made. 2013. "PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR GEOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN SPASIAL SISWA KELAS V SD". E - Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar. Undiksha. Vol.3,

Ardana, I Made. 2013. "Kontribusi Bakat Numerik, Kecerdasan Spasial, dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri di Kabupaten Buleleng". E - Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Matematika. Undiksha. Vol.2,

Ardana, I Made. 2008. "Peningkatan Kualitas Belajar Siswa Melalui Pengembangan Pembelajaran Matematika Berorientasi Gaya Kognitif dan Berwawasan Konstruktivis Jurnal Penelitian Undiksha". Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran. Undiksha. Vol.,

Ardana, I Made. 2008. "Peningkatan kualitas belajar siswa melalui pengembangan pembelajaran matematika berorientasi gaya kognitif dan berwawasan konstruktivis". Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan . Undiksha. Vol.1,

Ardana, I Made. 2008. "Model Pembelajaran Matematika Berwawasan Konstruktivis yang Berorientasi pada Gaya Kognitif dan Budaya". Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran UNDIKSHA. Undiksha. Vol.,

Ardana, I Made. 2007. "Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Pembelajaran Berorientasi Konsep Jengah dan Konstruktivis". Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran . Undiksha. Vol.,


PROSIDING

Ariawan, I Putu Wisna, I Made Ardana dan I Made Yudana. "PELATIHAN MERANCANG RUBRIK PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA BAGI GURU-GURU SD". Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pendidikan Ganesha . Senadimas 8 Tahun 2023. 2023-09-27.

Ardana, I Made, I Putu Wisna Ariawan dan I Made Yudana. "PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI MATERI DIGITAL BERBASIS MODEL KOGOPEQ". Undiksha. Senadimas 8 Tahun 2023. 2023-09-27.

Ariawan, I Putu Wisna, dkk. "Simulation of the Weighted Product Method in the Tri Pramana-Based Formative-Summative Evaluation Application". IEEE. 2022 8th International Conference on Education and Technology (ICET). 2022-10-15.

Ardana, I Made. "EFEKTIVITAS MPbKGOP DALAM MENGATASI LEARNING LOSS DALAM PEMBELAJARAN DARING". Undiksha Press. Senadimas 7 2022 . 2022-09-29.

Ariawan, I Putu Wisna, I Made Ardana dan I Made Yudana. "MEMANTAPKAN KOMPETENSI GURU SD DALAM MERANCANG DAN MENERAPKAN ASESMEN KINERJA". Undiksha Press. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat ke 7 Tahun 2022. 2022-09-29.

Ardana, I Made, I Putu Wisna Ariawan dan I Made Yudana. "EFEKTIVITAS MPbKGOP DALAM MENGATASI LEARNING LOSS\r\nDALAM PEMBELAJARAN DARING". Undiksha Press. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat ke 7 Tahun 2022. 2022-09-29.

Ardana, I Made dan I Putu Wisna Ariawan. "Learning Mathematics Meaningfully During the Covid-19 Pandemic through the Implementation of the PMbKGOP Model". FMIPA Undiksha. International Conference On Mathematics and Natural Sciences 2021 (IConMNS 2021) . 2021-11-03.

Ariawan, I Putu Wisna, I Made Ardana dan I Made Yudana. "The Impact of Covid-19 on The Management of\r\nMathematics Learning". FMIPA. THE 3rd INTERNATIONAL CONFERENCE ON MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES (IConMNS). 2021-11-03.

Ardana, I Made dan I Putu Wisna Ariawan. "PENDAMPINGAN GURU MENYUSUN MATERI DIGITAL UNTUK ORANG TUA DALAM MEMBANTU ANAK BELAJAR MATEMATIKA BERMAKNA". Undiksha Press. Senadimas 6. 2021-09-16.

Ariawan, I Putu Wisna, I Made Ardana dan I Made Yudana. "PELATIHAN MERANCANG ASESMEN KINERJA BAGI GURU-GURU SD DI KECAMATAN BULELENG". UNDIKSHA PRESS. SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT KE-6. 2021-09-16.

Ariawan, I Putu Wisna dan I Made Ardana. "Initial Design Development of Performance Assessment Methods in Planimetry Lectures". Atlantis Press. The 1st International Conference On Science, Technology, Engineering, and Industrial Revolution (ICSTEIR 2020). 2020-11-14.

Ariawan, I Putu Wisna dan I Made Ardana. "Initial Design Development of Performance Assessment Methods in Planimetry Lectures". UNSRAT PRESS. The International Conference on Natural Sciences, Mathematics, Applications, Research, and Technology (ICON-SMART) 2020. 2020-10-22.

Ariawan, I Putu Wisna dan I Made Ardana. "Desain Awal Pengembangan Metode Asesmen Kinerja pada Perkuliahan Geometri Bidang". UNDIKSHA PRESS. Seminar Nasional Riset Inovatif (Senari) yang ke-7. 2020-10-20.

Ardana, I Made dan I Putu Wisna Ariawan. "PENDAMPINGAN GURU SD DALAM MENGIMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERORIENTASI GENERAL EDUCATION BERWAWASAN TRI HITA KARANA\r\n". LPPM Undiksha. Senadimas 5. 2020-09-29.

Ariawan, I Putu Wisna, dkk. "PENGUATAN MATERI MATEMATIKA DAN PEDAGOGIK ESENSIAL\r\nBAGI GURU-GURU SD DI KECAMATAN BULELENG ". UNDIKSHA PRESS. Senadimas 5. 2020-09-29.

Ardana, I Made dan I Putu Wisna Ariawan. "KEEFEKTIFAN MODEL PMbSbTHK DALAM MENINGKATKAN KARAKTER BAIK PESERTA DIDIK\r\n". FMIPA. Webinar Nasional Tahun 2020 dengan Tema: “Pengembangan Kompetensi Pendidik Mengimplementasikan Merdeka Belajar” pada tanggal 26 Agustus 2020.. 2020-08-26.

Ardana, I Made dan I Putu Wisna Ariawan. "Keefektifan Model PMbSbTHK Dalam Meningkatkan Karakter Baik Peserta Didik". Undiksha Press. Webinar Nasional Tahun 2020 dengan Tema: “Pengembangan Kompetensi Pendidik Mengimplementasikan Merdeka Belajar”. 2020-08-26.

Ardana, I Made, dkk. "PEMANTAPAN MATERI MATEMATIKA DAN PEDAGOGIK ESENSIAL PADA MODUL PKB BAGI GURU SD DI KECAMATAN BULELENG". UNDIKSHA PRESS . SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT KE-4 . 2019-09-27.

Ariawan, I Putu Wisna, I Made Ardana dan Ketut Agustini. "Pelatihan Merancang Media Pembelajaran Materi Geometri Berbantuan Geogebra untuk Guru Matematika SMP ". UNDIKSHA PRESS. SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT KE-4. 2019-09-27.

Ardana, I Made, I Putu Wisna Ariawan dan Wayan Sugandini. "Increasing the Concept of Student Fractions Through the Two Tiered Model Based on Zone of Proximum Development\r\n". Undiksha Press. ICIRAD 3. 2019-09-20.

Ariawan, I Putu Wisna, dkk. "Merancang dan Menerapkan Media Pembelajaran Materi Geometri Berbantuan Geogebra untuk Guru SMP di Kabupaten Tabanan". UNDIKSHA PRESS. Senadimas (Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat). 2018-11-18.

Ardana, I Made dan Wayan Sugandini. "AKURASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS 5PSST DALAM MENGATASI KESULITAAN SISWA MEMAHAMI KONSEP PECAHAN". LPPM Undiksha. SEMINAR NASIONAL RISET INOVATIF 2018 (Senari 6). 2018-11-15.

Ardana, I Made dan Wayan Sugandini. "AKURASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS 5PSST\r\nDALAM MENGATASI KESULITAAN SISWA\r\nMEMAHAMI KONSEP PECAHAN\r\n". SEMINAR NASIONAL RISET INOVATIF 2018 (Senari 6). 2018-11-15.

Ardana, I Made, I Putu Wisna Ariawan dan Wayan Sugandini. "Akurasi Model Pembelajaran Berbasis 5PSST dalam Mengatasi Kesulitaan Siswa Memahami Konsep Pecahan". Undiksha Press. Seminar Nasional Riset Inovatif (SENARI) ke-6 tahun 2018. 2018-11-15.

Ardana, I Made. "Pemantapan Materi Modul Pelatihan Guru Pembelajar bagi Guru-Guru SD Kelas Awal di Kabupaten Buleleng". LPPM Undiksha. Senadimas3. 2018-11-10.

Ardana, I Made. "Pemantapan Materi Modul Pelatihan Guru Pembelajar bagi Guru-Guru SD Kelas Awal di Kabupaten Buleleng". Senadimas3. 2018-11-10.

Ardana, I Made, dkk. "Pemantapan Materi Modul Pelatihan Guru Pembelajar bagi Guru-Guru SD Kelas Awal di Kabupaten Bulel". Senadimas3. 2018-11-10.

Mahayukti, Gst. Ayu, I Putu Pasek Suryawan dan I Made Ardana. "The effect of concrete-pictorial-abstract learning strategy on spatial sense ability \r\n". UNP. ICOMSET . 2018-10-04.

Mahayukti, Gst. Ayu, I Made Ardana dan I Putu Pasek Suryawan. "THE EFFECT OF CONCRETE-PICTORIAL-ABSTRACT(CPA) LEARNING STRATEGY ON SPATIAL SENSE ABILITY (SSA) ". UNP. ICOMSET. 2018-10-04.

Ardana, I Made, dkk. "Pemantapan Materi Modul Pelatihan Guru Pembelajar bagi\r\nGuru-Guru SD Kelas Awal di Kecamatan Buleleng ". UNDIKSHA PRESS. Senadimas 2. 2017-11-18.

Ardana, I Made dan I Putu Wisna Ariawan. "Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis the Five Process Standards dan Sociocultural Theory ". UNDIKSHA PRESS. SEMINAR NASIONAL RISET INOVATIF 2017 (Senari 5). 2017-11-18.

Ardana, I Made. "PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIKMELALUI PEMBELAJARAN DI KELAS\r\n\r\n\r\n". Seminar Pendidikan serangkaian Olimpiade Matematika dan sains. 2017-11-05.

Ardana, I Made dan I Made Suarsana. "Developing Multimedia To Help Deaf Students At Grade 7 In Learning Cartesian Coordinate System". Undiksha Press. International conference on Mathematics and natural Sciences. 2017-09-06.

Ardana, I Made. "". The 2 nd International Conference on Innovative Research Across Disciplines (ICIRAD 2017). 2017-08-26.

Ardana, I Made. "Keefektifan Penggunaan Models Matematika dalam Membangun Konsep Pecahan". UNDIKSHA PRESS. SEMINAR NASIONAL RISET INOVATIF 2015 (Senari 4). 2016-11-19.

Ardana, I Made. "The Effectiveness of Jengah Conception to Control the Students’ Communication Anxiety in Mathematics Learning". Unikama. 2016 International Conference on Education & Social Science (UK-ICESS). 2016-11-09.

Ardana, I Made. "MEMINIMALISIR KECEMASAN BERKOMUNIKASI SISWA \r\nDALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI \r\nPENERAPAN MODEL B2LS\r\n". FMIPA. SemNas FPMIPA . 2016-07-30.

Ardana, I Made. "Pendidikan Matematika Bermakna". Seminar Regional Bali HMJ Penddikan Matematika. 2016-03-04.

Ardana, I Made. "Pendidikan Matematika Berkarakter". Seminar Nasional 2016 dengan tema\"Pendidikan Matematika yang Berkarakter\". 2016-01-13.

Ardana, I Made. "KEPRAKTISAN MODEL B2LSDALAM PEMBELAJARANMATEMATIKA ". UNDIKSHA PRESS. SEMINAR NASIONAL RISET INOVATIF 2015 (Senari 3). 2015-11-18.

Ardana, I Made. "Efektivitas Pembelajaran Matematika dalam Zona Proximum Development". UNDIKSHA PRESS. SEMINAR NASIONAL RISET INOVATIF 2015 (Senari 2). 2014-11-21.

Ardana, I Made. "Efektivitas B2LS dalam Pembelajaran Matematika". Undiksha. Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA IV Tahun 2014 . 2014-10-11.


HASIL LAPORAN

Ariawan, I Putu Wisna, Wayan Sugandini dan I Made Ardana. 2022. "PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI FORMATIVE-SUMMATIVE BERBASIS TRI PRAMANA-WEIGHTED PRODUCT DALAM MENENTUKAN TINGKAT KUALITAS PENGIMPLEMENTASIAN E-LEARNING SEBAGAI WUJUD PENGEJAWANTAHAN KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR PADA PERGURUAN TINGGI KESEHATAN DI PROVINSI BALI".

Ariawan, I Putu Wisna, Wayan Sugandini dan I Made Ardana. 2022. "Pengembangan Model Evaluasi Formative-Summative Berbasis Tri Pramana-Weighted Product dalam Menentuknan Tingkat Kualitas Pengimplementasian E-Learning sebagai Wujud Pengejawantahan Kebijakan Merdeka Belajar pada Perguruan Tinggi Kesehatan di Provinsi Bali".

Ardana, I Made dan I Putu Wisna Ariawan. 2021. "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOLABORASI GURU, ORANG TUA, DAN PESERTA DIDIK BERWAWASAN TRI HITA KARANA (THK) UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER PESERTA DIDIK".

Ariawan, I Putu Wisna, I Made Ardana dan I Made Yudana. 2021. "Evaluasi Pengelolaan Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemi Covid-19 pada SMP Negeri di Kecamatan Buleleng".

Ariawan, I Putu Wisna, I Made Ardana dan I Made Yudana. 2021. "EVALUASI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19 PADA SMP NEGERI DI KECAMATAN BULELENG".

Ardana, I Made dan I Putu Wisna Ariawan. 2021. "Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Kolaborasi Guru, Orang Tua, dan Peserta Didik Berwawasan Tri Hita Karana (THK) untuk Meningkatkan Karakter Peserta Didik. ".

Ardana, I Made dan I Putu Wisna Ariawan. 2020. "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERORIENTASI SOCIOCULTURAL THEORY BERWAWASAN TRI HITA KARANA (THK) UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER PESERTA DIDIK ".

Ardana, I Made dan I Putu Wisna Ariawan. 2020. "Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berorientasi Sococultural Theory Berwawasan Tri Hita Karana (THK) Untuk Mengembangkan Karakter Peserta Didik".

Ariawan, I Putu Wisna dan I Made Ardana. 2020. "PENGEMBANGAN METODE ASESMEN KINERJA PADA PERKULIAHAN GEOMETRI BIDANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA".

Ardana, I Made, dkk. 2019. "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERORIENTASI GENERAL EDUCATION (GE) BERWAWASAN TRI HITA KARANA (THK) UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER PESERTA DIDIK".

Ardana, I Made dan I Putu Wisna Ariawan. 2019. "PENGEMBANGAN MODEL TWO TIERED BERBASIS ZONE OF PROXIMUM DEVELOPMENT (ZPD) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN SISWA SEKOLAH DASAR DI SINGARAJA".

Ardana, I Made dan I Putu Wisna Ariawan. 2019. "PENGEMBANGAN MODEL TWO TIERED BERB ASIS ZONE OF PROXIMUM DEVELOPMENT (ZPD) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN SISWA SEKOLAH DASAR DI SINGARAJA ".

Sanjaya, Dewa Bagus, I Made Ardana dan Ni Wayan Arini. 2018. "MODEL PEMBELAJARAN KARAKTER BERBASIS SATUA DALAM PEMBELAJARAN PKn UNTUK MEMPERKUAT JATI DIRI BANGSA PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI PROVINSI BALI ".

Ardana, I Made, I Putu Wisna Ariawan dan Wayan Sugandini. 2018. "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS THE FIVE PROCESS STANDARDS DAN SOCIOCULTURAL THEORY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR DI SINGARAJA ".

Suweken, Gede, I Gusti Putu Suharta dan I Made Ardana. 2017. "ANALISIS KURIKULUM PROGRAM MAGISTER PENDIDIKAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL KONTEKS INPUT PROSES PRODUK (KIPP) ".

Ardana, I Made dan I Putu Wisna Ariawan. 2017. "PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS THE FIVE PROCESS STANDARDS DAN SOCIOCULTURAL THEORY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR DI SINGARAJA ".

Sariyasa, dan I Made Ardana. 2017. "PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOMETRI EKSPLORATIF BERBASIS DYNAMIC GEOMETRY SOFTWARE UNTUK SMP ".

PENGABDIAN

MEMBERI PELATIHAN

Tanggal Pelaksanaan (2023-07-28). Nama pelatihan: Pendampingan Guru SD Menyusun Materi Digital Berbasis Model KoGOPEQ berwawasan THK untuk Mengembangkan Karakter Siswa di Desa Sepanjang DAS Banyumala, Lokasi pelatihan SD Sepanjang DAS Banyumala, lama kegiatan 10 jam.

Tanggal Pelaksanaan (2022-08-01). Nama pelatihan: PENDAMPINGAN GURU SD MENGEMBANGKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI IMPLEMENTASI MPBKGOP BERWAWASAN THK DI DESA SEPANJANG DAS BANYUMALA, Lokasi pelatihan SD di Desa Sepanjang DAS Banyumala, lama kegiatan 10 jam.

Tanggal Pelaksanaan (2022-08-01). Nama pelatihan: Pelatihan Merancang dan Mengimplementasikan Asesmen Kinerja bagi Guru-Guru SD di Kabupaten Buleleng, Lokasi pelatihan Kabupaten Buleleng, lama kegiatan 10 jam.

Tanggal Pelaksanaan (2022-05-20). Nama pelatihan: PELATIHAN PENINGKATAN KETERAMPILAN DASAR TEKNIK INSTRUKSIONAL (PEKERTI) TAHAP III, Lokasi pelatihan Universitas Pendidikan Ganesha, lama kegiatan 11 jam.

Tanggal Pelaksanaan (2022-05-19). Nama pelatihan: PELATIHAN PENINGKATAN KETERAMPILAN DASAR TEKNIK INSTRUKSIONAL (PEKERTI) TAHAP II, Lokasi pelatihan Universitas Pendidikan Ganesha, lama kegiatan 11 jam.

Tanggal Pelaksanaan (2022-04-13). Nama pelatihan: PELATIHAN PENINGKATAN KETERAMPILAN DASAR TEKNIK INSTRUKSIONAL (PEKERTI) TAHAP I, Lokasi pelatihan Universitas Pendidikan Ganesha, lama kegiatan 11 jam.

Tanggal Pelaksanaan (2021-08-02). Nama pelatihan: MERANCANG DAN MENGIMPLEMENTASIKAN ASESMEN KINERJA BAGI GURU-GURU SD DI KECAMATAN BULELENG, Lokasi pelatihan SD N 1 Baktiseraga, lama kegiatan 11 jam.

Tanggal Pelaksanaan (2021-07-02). Nama pelatihan: PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KOLABORASI GURU, ORANG TUA, DAN PESERTA DIDIK (MPBKGOP) BERWAWASAN TRI HITA KARANA (THK) BAGI GURU-GURU SD DI DESA SEPANJANG DAS BANYUMALA, Lokasi pelatihan SD No 1 Baktiseraga Singaraja, lama kegiatan 10 jam.

Tanggal Pelaksanaan (2020-08-19). Nama pelatihan: Pendampingan Implementasi Model Pembelajaran Berorientasi General Education (GE) Berwawasan Tri Hita Karana (THK) Bagi Guru-Guru SD Di Desa Sepanjang DAS Banyumala , Lokasi pelatihan SD di Desa Sepanjang DAS Banyumala, lama kegiatan 11 jam.

Tanggal Pelaksanaan (2019-11-19). Nama pelatihan: Pelatihan TOT Pekerti, Lokasi pelatihan Undiksha, lama kegiatan 11 jam.

Tanggal Pelaksanaan (2019-10-07). Nama pelatihan: PEKERTI Dosen Fakultas Kedokteran , Lokasi pelatihan AULA Wijaya Kusuma RSUD Kabupaten Buleleng, lama kegiatan 11 jam.

Tanggal Pelaksanaan (2019-08-12). Nama pelatihan: Pemantapan Materi Matematika dan Pedagogik Esensial pada Modul Pelatihan Guru Pembelajar bagi Guru-Guru SD di Kecamatan Buleleng, Lokasi pelatihan Kecamatan Buleleng, lama kegiatan 10 jam.

Tanggal Pelaksanaan (2019-08-02). Nama pelatihan: Pelatihan Merancang Media Pembelajaran Materi Geometri Berbantuan Geogebra untuk Guru Matematika SMP di Kecamatan Payangan dan Tegallalang Gianyar, Lokasi pelatihan Kecamatan Payangan dan Tegallalang Gianyar, lama kegiatan 10 jam.

Tanggal Pelaksanaan (2019-07-10). Nama pelatihan: PEKERTI Warmadewa, Lokasi pelatihan Universitas Warmadewa, lama kegiatan 11 jam.

Tanggal Pelaksanaan (2019-06-19). Nama pelatihan: Pelatihan Merancang Media Pembelajaran Materi Geometri Berbantuan Geogebra untuk Guru Matematika SMP di Kecamatan Payangan dan Tegallalang Gianyar, Lokasi pelatihan Kecamatan Payangan dan Tegallalang Gianyar, lama kegiatan 11 jam.

Tanggal Pelaksanaan (2019-06-19). Nama pelatihan: Pemantapan Materi Matematika dan Pedagogik Esensial pada Modul Pelatihan Guru Pembelajar bagi Guru-Guru SD di Kecamatan Buleleng, Lokasi pelatihan Kecamatan Buleleng, lama kegiatan 11 jam.

Tanggal Pelaksanaan (2019-02-15). Nama pelatihan: PELATIHAN GURU MATEMATIKA SMP KABUPATEN BADUNG DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATEMATIKA SETARA OLIMPIADE , Lokasi pelatihan Dinas Pendidikan Kabupaten Badung, lama kegiatan 10 jam.

Tanggal Pelaksanaan (2018-10-23). Nama pelatihan: Pekerti, Lokasi pelatihan LPPPM Undiksha, lama kegiatan 11 jam.

Tanggal Pelaksanaan (2018-08-30). Nama pelatihan: Pemantapan Materi Modul Pelatihan Guru Pembelajar bagi Guru-Guru SD Kelas Awal di Kabupaten Buleleng, Lokasi pelatihan Kabupaten Buleleng, lama kegiatan 10 jam.

Tanggal Pelaksanaan (2018-06-16). Nama pelatihan: Pelatihan Merancang dan Menerapkan Media Pembelajaran Materi Geometri Berbantuan Geogebra untuk Guru SMP di Kabupaten Tabanan, Lokasi pelatihan Kabupaten Tabanan, lama kegiatan 11 jam.

Tanggal Pelaksanaan (2018-06-11). Nama pelatihan: Pelatihan Pemantapan Materi Modul Pelatihan Guru Pembelajar bagi guru-guru SD Kelas Awal di Keabupaten Buleleng , Lokasi pelatihan Kabupaten Buleleng, lama kegiatan 10 jam.

Tanggal Pelaksanaan (2018-06-11). Nama pelatihan: Pelatihan Merancang dan Menerapkan Media Pembelajaran Materi Geometri Berbantuan Geogebra untuk Guru SMP di Kabupaten Tabanan, Lokasi pelatihan SMP N 1 Tabanan, lama kegiatan 11 jam.

Tanggal Pelaksanaan (2017-08-11). Nama pelatihan: Pelatihan Pembelajaran Matematika Realistik Bagi Guru-Guru SD di Kecamatan Baturiti , Lokasi pelatihan SD Gugus 6 Baturiti, lama kegiatan 10 jam.

Tanggal Pelaksanaan (2017-06-14). Nama pelatihan: Merancang dan Menerapkan Media Pembelajaran Materi Geometri Berbantuan Geogebra untuk Guru SMP di Kecamatan Tabanan, Lokasi pelatihan SMP N 2 Tabanan, lama kegiatan 11 jam.

Tanggal Pelaksanaan (2017-06-07). Nama pelatihan: Pelatihan dan Pendampingan Menggunakan Aplikasi Geogebra untuk Guru Matematika SeKabupaten Tabanan, Lokasi pelatihan SMP Negeri 2 Tabanan, lama kegiatan 11 jam.

Tanggal Pelaksanaan (2017-04-10). Nama pelatihan: Pemantapan Materi Modul Pelatihan Guru Pembelajar bagi Guru-Guru SD Kelas Awal di Kecamatan Buleleng , Lokasi pelatihan Kecamatan Buleleng, lama kegiatan 10 jam.

No Tahun Masuk Strata Negara Universitas Bidang Ilmu Tahun Lulus Predikat
1 1 Agustus 2004 S3 Indonesia UNESA Surabaya Pendidikan Matematika 1 Agustus 2007 Sangat Memuaskan
2 1 September 1997 S2 Indonesia Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Malang Pendidikan Matematika 9 Februari 1999 Memuaskan
3 1 September 1982 S1 Indonesia Universitas Udayana Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 7 Mei 1986 Baik
No Tahun Masuk Strata Negara Universitas Bidang Ilmu Tahun Lulus Predikat
No Golongan Pangkat No SK Tanggal SK TMT TGL TERIMA SK
1 IVE Pembina Utama 00021/KEP/AA/15001/24 22 Januari 2024 1 Februari 2024 1 Maret 2024
2 IVD Pembina Utama Madya 00412/KEP/AA/12001/15 29 September 2015 1 Oktober 2015
3 IVC Pembina Utama Muda 64/K/2013 15 Juli 2013 1 Aprli 2013
4 IVB Pembina Tingkat I 39642/A4.3/KP/2011 25 Mei 2011 1 Aprli 2011
5 IIID Penata Tingkat I 264/L.04/KP/2000 12 Mei 2009 1 Aprli 2000
6 IVA Pembina 32877/A2.7/KP/2004 1 Oktober 2004 1 Aprli 2004
7 IIIC Penata 272/L.04.H/KP/1996 19 Agustus 1996 1 Aprli 1996
8 IIIB Penata Muda Tingkat I 383/ST.04.H/KP/1994 24 November 1994 1 Aprli 1994
9 IIIA Penata Muda 1189/PT.17.H15/II.3.2/C.03.02/1990 30 Agustus 1990 1 September 1990
10 IIIA Penata Muda 3395/PT.17.H.15/II.3.2/C.03.01/1989 14 Juni 1989 1 Maret 1989
No Golongan Pangkat No SK Tanggal SK TMT TGL TERIMA SK
No Tanggal (Masuk - Lulus) Strata Negara Universitas Beasiswa Status Jenis Belajar
No Tanggal (Masuk - Lulus) Strata Negara Universitas Beasiswa Status Jenis Belajar
Riwayat Jabatan (Fungsional)
No Fungsional No SK Tanggal SK TMT
1 Guru Besar 2037/E4/KP/GB/2023 10 Agustus 2023 1 Oktober 2023
2 Guru Besar 107358/A4.5/KP/2010 31 Desember 2010 1 Januari 2011
3 Lektor Kepala 11533/A2.7/KP/2004 30 Januari 2004 1 Februari 2004
4 Lektor 380/L.04/KP/1999 31 Agustus 1999 1 September 1999
5 Lektor 599/ST.04.H/KP/1995 31 Juli 1995 1 Agustus 1995
6 Asisten Ahli 1450/PT.17.H/II.3.2/C.03.02/1990 12 November 1990 1 Desember 1990
No Fungsional No SK Tanggal SK TMT
Riwayat Jabatan (Struktural)
No Jabatan Struktural Unit Kerja No SK Berlaku Tanggal SK
1 Ketua Program Studi S2 Pendidikan Matematika (S2) 2646/UN48/KP/2023 1 September 2023 s/d 1 September 2027 1 September 2023
2 Ketua Lembaga Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran 1856/UN48/PT/2020 1 Juli 2020 s/d 1 September 2022 22 Juni 2020
3 Sekretaris Lembaga Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran 564/UN48/KP/2016 31 Mei 2016 s/d 30 Juni 2020 30 Mei 2016
4 Sekretaris Lembaga Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran 30 Mei 2016 s/d 30 Mei 2019 30 Mei 2016
5 Sekretaris Senat Fakultas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 56/UN48.9/KP/2015 11 September 2015 s/d 31 Desember 2015 11 September 2015
No Jabatan Struktural Unit Kerja No SK Berlaku Tanggal SK
No Status Ikatan Kerja Status Dosen Saat Ini TMT
1 PNS Aktif 1 September 1990
2 CPNS Aktif 1 Maret 1989
No Status Ikatan Kerja Status Dosen Saat Ini TMT
Daftar Data Mengajar
Perlu diperhatikan riwayat mengajar dosen bersangkutan didapatkan dari sistem Shakuntala berdasarkan data SK yang masuk.
TAHUN MENGAJAR
MENGAJAR PADA TAHUN 2021
2021 GANJIL [MPK-62] THK - FIP, FBS, MIPA, FK SKS 2.00 Kelas 26
2021 GANJIL [MPK-62] THK - FIP, FBS, MIPA, FK SKS 2.00 Kelas 39
2021 GANJIL [MPK-62] THK - FIP, FBS, MIPA, FK SKS 2.00 Kelas 26
2021 GANJIL [MPK-62] THK - FIP, FBS, MIPA, FK SKS 2.00 Kelas 39
TOTAL SKS 8
MENGAJAR PADA TAHUN 2020
2020 GANJIL [0350116MAT1105] Kalkulus Diferensial SKS 3.00 Kelas A
2020 GANJIL [2562] Pengantar Dasar Matematika SKS 3.00 Kelas A
2020 GANJIL [2562] Pengantar Dasar Matematika SKS 3.00 Kelas B
2020 GANJIL [2558] Perkembangan Peserta Didik SKS 2.00 Kelas A
2020 GANJIL [2558] Perkembangan Peserta Didik SKS 2.00 Kelas B
2020 GANJIL [2558] Perkembangan Peserta Didik SKS 2.00 Kelas C
2020 GANJIL [2558] Perkembangan Peserta Didik SKS 2.00 Kelas D
2020 GANJIL [MPK-46] THK - FHIS, FTK, FOK, FE SKS 2.00 Kelas 12
2020 GANJIL [MPK-46] THK - FHIS, FTK, FOK, FE SKS 2.00 Kelas 12
TOTAL SKS 21
2020 GENAP [0350116MAT1615] Kalkulus Integral SKS 1.50 Kelas A
2020 GENAP [0350116MAT1615] Kalkulus Integral SKS 1.50 Kelas B
2020 GENAP [0350116MAT1607] Pembelajaran Mikro SKS 3.00 Kelas A
2020 GENAP [0350116MAT1607] Pembelajaran Mikro SKS 3.00 Kelas B
2020 GENAP [0350116MAT1607] Pembelajaran Mikro SKS 3.00 Kelas C
2020 GENAP [0350116MAT1607] Pembelajaran Mikro SKS 3.00 Kelas D
2020 GENAP [0350116MAT1744] Seminar SKS 2.00 Kelas D
2020 GENAP [MPK-62] THK - FIP, FBS, MIPA, FK SKS 2.00 Kelas 39
2020 GENAP [MPK-62] THK - FIP, FBS, MIPA, FK SKS 2.00 Kelas 39
2020 GENAP [3640] Kalkulus Integral SKS 1.50 Kelas A
TOTAL SKS 22.5
MENGAJAR PADA TAHUN 2019
2019 GANJIL [0350112MAT1233] Perkembangan Peserta Didik SKS 2.00 Kelas A
2019 GANJIL [0350116MAT1111] Perkembangan Peserta Didik SKS 3.00 Kelas A
2019 GANJIL [604] Perkembangan Peserta Didik SKS 2.00 Kelas A
2019 GANJIL [604] Perkembangan Peserta Didik SKS 2.00 Kelas B
2019 GANJIL [604] Perkembangan Peserta Didik SKS 2.00 Kelas C
2019 GANJIL [606] Aljabar SKS 2.00 Kelas A
2019 GANJIL [606] Aljabar SKS 2.00 Kelas B
2019 GANJIL [MPK-10] THK - Singaraja SKS 2.00 Kelas 43
TOTAL SKS 17
2019 GENAP [0350112MAT1243] Pengajaran Mikro SKS 2.00 Kelas A
2019 GENAP [0350116MAT1615] Kalkulus Integral SKS 1.50 Kelas A
2019 GENAP [0350116MAT1615] Kalkulus Integral SKS 1.50 Kelas B
2019 GENAP [0350116MAT1615] Kalkulus Integral SKS 1.50 Kelas C
2019 GENAP [0350116MAT1427] Manajemen Pendidikan SKS 2.00 Kelas C
2019 GENAP [0350116MAT1427] Manajemen Pendidikan SKS 2.00 Kelas D
2019 GENAP [0350116MAT1607] Pembelajaran Mikro SKS 3.00 Kelas A
2019 GENAP [0350116MAT1607] Pembelajaran Mikro SKS 3.00 Kelas B
2019 GENAP [0350116MAT1607] Pembelajaran Mikro SKS 3.00 Kelas C
2019 GENAP [MPK-27] THK - SINGARAJA SKS 2.00 Kelas 45
TOTAL SKS 21.5
MENGAJAR PADA TAHUN 2018
2018 GANJIL [0350112MAT1233] Perkembangan Peserta Didik SKS 2.00 Kelas A
2018 GANJIL [0350112MAT1267] Seminar SKS 2.00 Kelas A
2018 GANJIL [0350112MAT1267] Seminar SKS 2.00 Kelas B
2018 GANJIL [0350116MAT1111] Perkembangan Peserta Didik SKS 3.00 Kelas A
2018 GANJIL [0350116MAT1111] Perkembangan Peserta Didik SKS 3.00 Kelas B
2018 GANJIL [0350116MAT1111] Perkembangan Peserta Didik SKS 3.00 Kelas C
2018 GANJIL [0350116MAT1111] Perkembangan Peserta Didik SKS 3.00 Kelas D
2018 GANJIL [0350116MAT1744] Seminar SKS 2.00 Kelas A
TOTAL SKS 20
2018 GENAP [0350112MAT1238] Profesi Kependidikan SKS 2.00 Kelas A
2018 GENAP [0350116MAT1607] Pembelajaran Mikro SKS 3.00 Kelas A
2018 GENAP [0350116MAT1607] Pembelajaran Mikro SKS 3.00 Kelas B
2018 GENAP [0350116MAT1607] Pembelajaran Mikro SKS 3.00 Kelas C
2018 GENAP [0350116MAT1607] Pembelajaran Mikro SKS 3.00 Kelas D
2018 GENAP [0350116MAT1607] Pembelajaran Mikro SKS 3.00 Kelas E
TOTAL SKS 17
MENGAJAR PADA TAHUN 2017
2017 GANJIL [0850116EKO2101] Perkembangan Peserta Didik SKS 1.50 Kelas A
2017 GANJIL [0850116EKO2101] Perkembangan Peserta Didik SKS 1.50 Kelas B
2017 GANJIL [0850116EKO2101] Perkembangan Peserta Didik SKS 1.50 Kelas C
2017 GANJIL [0350112MAT1232] Pengantar Pendidikan SKS 2.00 Kelas A
2017 GANJIL [0350112MAT1232] Pengantar Pendidikan SKS 2.00 Kelas B
2017 GANJIL [0350112MAT1232] Pengantar Pendidikan SKS 2.00 Kelas C
2017 GANJIL [0350112MAT1232] Pengantar Pendidikan SKS 2.00 Kelas D
TOTAL SKS 12.5
2017 GENAP [0350112MAT1238] Profesi Kependidikan SKS 2.00 Kelas A
2017 GENAP [0350112MAT1238] Profesi Kependidikan SKS 2.00 Kelas B
2017 GENAP [0350112MAT1238] Profesi Kependidikan SKS 2.00 Kelas C
2017 GENAP [0350112MAT1238] Profesi Kependidikan SKS 2.00 Kelas D
2017 GENAP [0350112MAT1243] Pengajaran Mikro SKS 2.00 Kelas A
2017 GENAP [0350112MAT1243] Pengajaran Mikro SKS 2.00 Kelas B
TOTAL SKS 12